RSS

Seodaemun Prison History Hall


Bissmillahirahmanirrahim..
Assalamualaikum Wr. Wb_

Salam hangat untuk saudara/i_ku dimanapun berada ^_^ Malam ini saya ingin kembali share pengalaman yang saya lalui hari ini. Seperti biasa setiap hari rabu ada jadwal tutoring (pengenalan budaya Korea kepada mahasiswa asing) dikelas saya. Dan seperti biasanya pula kami sering mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Seoul, Korea Selatan. Dengan bimbingan tiga orang tutor yang selama ini menjadi tutor kami, kami diajak menuju Museum penjarah pejuang Korea pada zaman penjajahan Jepang.



Tempat ini disebut “Soedaemun Prison History Hall” yang awalnya pada tahun 1908 dinamai “Gyeongseong Gamok (Prison)” , kemudian pada tahun 1912 dirubah menjadi “ Soedaemun Gamok (Prison)” lalu pada tahun 1923 menjadi “Soedaemun Hyeongmuso (Prison)”, pada tahun 1945 menjadi “Seoul Hyeongmuso (Prison)” dan kemudian pada tahun 1961 menjadi “ Seoul Gyodoso ( Correctional Facilities)”, dan yang terakhir pada tahun 1967 menjadi “Seoul Guchiso (Jail)”. Tempat ini kurang lebih sekitar enam kali berganti nama.



Soedaemun Prison History Hall tetap dipelihara dan dijaga hingga generasi saat ini sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan korea yang telah memperjuangkan kemerdekaan dan demokrasi di Korea Selatan. Dan untuk mengenang arwah para pahlawan yang rela mati dan disiksa para penjajah Jepang dalam jeruji besi tanpa listrik dan toilet tersebut.  Selain itu juga sebagai sarana belajar para generasi muda mengenai sejarah bangsanya. Suasana didalam museum pun didesain persis seperti awalnya, dimana setiap tempat dilengkapi dengan patung-patung manusia yang menggambarkan keadaan yang terjadi ditempat itu. Berbagai macam bentuk penyiksaan Jepang seolah tampak nyata ditempat tersebut. Apalagi tempat ini masih dilengkapi dengan beberapa foto, alat-alat untuk menyiksa tawanan, bahkan video yang diputar ditiap sudut museum yang menayangkan kesaksian-kesaksian dari para pejuang yang masih hidup.

Museum ini dibangun ditanah lapang yang cukup luas, karena terdiri dari beberapa bangunan yang cukup besar, diantaranya :

1. Exhibition Hall (Ruag Pameran)
 Di dalam gedung 2 lantai ini, di tempatkan sebagai ruangan yang memamerkan sisa-sisa dari berbagai peralatan maupun sejarah dari kisah-kisah para pejuang, selain itu juga gedung ini dilengkapi dengan ratusan bahkan mungkin ribuan foto para pejuang yang menjadi narapidana dalam penjarah. Dan juga gedung ini dilengkapi dengan ruang teater yang mengisahkan sejarah perjuangan para aktifis kemerdekaan tersebut.



2. Central Prison Building (Gedung Pusat Penjara)
Tempat ini menjadi tempat kontrol utama dari semua kegiatan yang ada diseluruh bagian penjara. Saat ini menjadi tempat pameran baju-baju para narapidana dan foto-foto kondisi para nara pidana.

3. Prison Building
Gedung ini sepenuhnya merupakan penjara yang berjejer panjang yang hanya dibelah oleh satu jalan yang menjadi lorong dari penjara tersebut.



4. Engineering Work Building
Digedung ini ditampilkan beberapa video kekerasan penjajah Jepang terhadap para pejuang.

5. Reverence monument
Monumen ini dibangun untuk mengenang arwah para pahlawan. Saat melintasi monument ini saya melihat banyak bunga berwarna putih yang diletakan didepan monument tersebut, mungkin saja itu merupakan salah satu bentuk penghargaan dari para pengunjung lainnya kepada para pejuang.

6. Execution Building
Bangunan ini merupakan tempat eksekusi para nara pidana yang dihukum gantung di depan para penjajah jepang.

7. Corpse Removal exit
Setelah proses eksekusi tempat ini menjadi jalan rahasia bagi para penjajah Jepang untuk membuang mayat-mayat para pejuang.

8. Gyeokbyeokjang
Ini agalah salah satu fasilitas yang dibangun oleh penjajah sebagai sarana olah raga disekitar penjara.

9. Women’s Prison
Bangunan ini merupakan penjara khusus wanita. Yang mana dalam bangunan ini terdapat beberapa ruang bawah tanah yang menjadi tempat untuk memenjarakan wanita.

10. Cook House
Gedung ini dibangun sebagai ruang memasak dan makan untuk para penjajah. Namun saat ini gedung tersebut digunakan sebagai museum shoop.

Nah itulah tadi serentetan informasi yang mampu saya kumpulkan saat perjalanan hari ini, semoga bermanfaat dan menjadi sedikit tambahan informasi untuk kita semua.
Amin ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment