RSS

Nanjang Festival of Thanksgiving Day

Sejak tanggal 18 September hingga 22 September Korea Selatan libur nasional karena bertepatan dengan Thanksgiving day atau biasa disebut cusok. Kami sangat antusias karena bisa mendapat libur panjang kuliah selama cusok.

Chuseok atau ditulis sebagai Chusok (Hari bulan purnama) adalah hari libur resmi di Korea yang dirayakan secara besar-besaran pada bulan ke-8, hari ke-15kalender lunar. Perayaan ini berupa pesta makan untuk mengucapkan terima kasih atas keberhasilan panen, sehingga juga disebut juga sebagai Hari Panen, Festival Bulan Musim Panen, atau Hangawi ("han" = "raya", "gawi" = "tengah", "hari besar di tengah-tengah musim gugur".

Di zaman sekarang, perayaan Chuseok merupakan kesempatan orang Korea untuk pulang ke kampung halaman untuk mengunjungi altar leluhur. Di pagi hari, orang Korea melakukan penghormatan terhadap arwah leluhur dalam bentuk ziarah ke makam untuk merapikan tanaman dan tanah sekitar makam. Arwah leluhur juga disuguhi makanan, buah-buahan dan minuman. Hasil panen tahun itu juga ikut dipersembahkan kepada arwah leluhur.

Sedangkan kami yang merupakan warga asig di Korea, meskipun libur kuliah namun aktifitas lainnya tetap berjalan normal. justru kami fokus lathan menari untuk persiapan bravo asean.

Oh yaaa buat yang belum tau bravo asean, bravo asean itu adalah sebuah kompetisi seni seasia tenggara dikota Seoul. Jadi pesertanya adalah orang asing yang berasal dari Asia tenggara yang saat ini sedang di Seoul.

Foto bersama warga KTTI


Meski banyak waktu kami gunakan untuk forsir latihan tapi hari itu kamis 19 September kami menyempatkan diri untuk pergi ke festival Nanjang special cusok yang diadakan khusus untuk perayaan cusok. Dan kebetulan juga acaranya free, seperti biasa anak KTTI janjian nonton bersama. Dalam festival ini banyak ditampilkan seni tradisional baik berupa lagu maupun tari tradisional Korea. Penontonnya pun sangat antusias. hingga dalam wktu sigkat sebelum acara mulai tempat tersebut sedah dipadati penonton. Selain itu ada hal unik dan tmpak berbeda dari pnonton. Banyak anak kecil dan orang dewasa khususnya perempuan yang menonton acara itu mengenakan pakaian traditional Korea atau hanbok.
Adapun beberapa acara yang ditampilkan dalam festival tersebut, yaitu :
1.       Samul and Modeumbuk (Percussion Ensemble)
Minyo of Kyeongseo adalah lagu yang dinyanyikan oleh sekelompok wanita paruh baya  
2.       Minyo of Kyeongseo area (Folk Song)
Samul and Modeumbuk merupakan kelompok pemain perkusi. 
3.       Tightropes
Tightropes merupakan sebuah atraksi. Yang mana orang yang melakukan atraksi tersebut berjala diatas seutas tali, melompat, berlari bahkan menari diatas tali tersebut tanpa terjatuh sekalipun.
4.       Minyo of Southern Area (Folk Song)
Minyo of Southern Area adalah lagu yang dinyanyikan oleh sekelompok wanita paruh baya.

5.       Ganggangsullae
Ganggangsullae adalah tari tradisional Korea yang ditarikan oleh sekelompok wanita dengan gerakan membentuk lingkaran dan lain-lain.

6.       Pungmul Pangut (Farmer’s band music)
Kelompok pemain music yang sangat atraktif.
Dan terakhir acara tersebut ditutup dengan seluruh penonton menari bersama ditempat yang telah disediakan.
saat menari bersama ^_^
Ini adalah salah satu festival yang sangat menarik. Dari festival ini saya bisa banyak belajar dan melihat langsung seni tradisional Korea Selatan... “Happy Cusok”...


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment